Selasa, 21 Juni 2011

al Hadits, al Qur'an, dan Injil| SEDEKAH


Memberi:
  1. Tangan di atas lebih baik tangan di bawah. (HR. Bukhori)
  2. Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. (Matius 6:3)
Dari Abu Huroiroh ra. beliau berkata, Rasulullah saw. bersabda: ”Tujuh golongan yang berada dibawah naungan Allah, pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan Allah, Imam yang adil, dan seorang yang bersedekah lalu dia menyembunyikannya hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya” (HR. al Bukhari dan Muslim)/(Muttafaq ‘Alaih)
  1. Setiap orang Islam yang memberi pakaian orang Islam yang lain yang dalam keadaan bertelanjang, maka ALLAH swt. akan memberi pakaian baginya dengan pakaian yang hijau dari surga. Dan setiap orang Islam yang memberi makanan pada orang Islam yang kelaparan, maka ALLAH swt. akan memberi makanan padanya di hari kiamat dengan buah-buahan dari surga. (HR. Muslim)
  2. Barang siapa diatara orang Islam yang memberi pakaian oaring Islam yang lain, maka orang itu (pemberinya) akan mendapatkan perlindungan ALLAH swt. selagi pakaian yang dipakai orang itu tidak robek. (HR. Nasa’i)

Senyuman:
            Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar makruf dan nahi mungkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah.” (HR Tirmidzi-Abu Dzar).

Ucapan:
  1. Kalimat (ucapan) yang baik itu seperti sedekah, dan setiap langkah yang kamu pergi ketempat Sholat (Masjid) adalah seperti sedekah, dan membuang duri (kotoran) di jalanan adalah seperti sedekah. (HR. Bukhori)
  2. Jadilah setiap tulang jarimu sebagai sedekah (jika digunakan untuk beramal). Maka setiap bacaan tasbih sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid sebagai sedekah. Setiap bacaan tahlil sebagai sedekah, perintah buat mengerjakan yang baik sedekah, Melarang yang buruk adalah sedekah, dan akan diberi ganjaran pula semacam itu pada Sholat Dhuha yang dilaksanakan sebanyak dua raka’at. (HR. Muslim)

Tidak tahu bahwa dia telah bersedekah:
            Tidak seorang pun dari seorang Muslim yang menanam tanaman lalu dimakan hasilnya itu oleh burung (ayam), manusia atau binatang, kecuali bagi yang menanam itu akan mendapatkan seperti sedekah. (HR. Bukhori)

Kesimpulan:
Setiap (semua) kebaikan itu adalah (seperti) sedekah. (HR. Abu Dawud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar